PUISI KARYA BUNG KARNO _ Keindahan alam, budaya dan wajah-wajah anak Indonesia menginspirasi Bung Karno untuk mengobarkan semangat revolusi dijaman kemerdekaan maka sudah sepatutnya kita menjaga dan mempertahankan negeri dan Bumi Pertiwi yang kita cintai ini. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa para pahlawannya.

puisi karya bung karno

PUISI KARYA BUNG KARNO

AKU MELIHAT INDONESIA

Jika aku berdiri di pantai Ngeliyep
Aku mendengar lautan Indonesia
bergelora
Membanting di pantai Ngeliyep itu
Aku mendengar lagu - sajak Indonesia
Jikalau aku melihat
Sawah menguning menghijau
Aku tidak melihat lagi
Batang padi menguning menghijau
Aku melihat Indonesia
Jikalau aku melihat gunung-gunung
Gunung Merapi, gunung Semeru
gunung Merbabu, gunung
Klebet
dan gunung-gunung yang lain
Aku melihat Indonesia
Jikalau aku mendengar pangkur palaran
Bukan lagi pangkur palaran yang
ku dengar
Aku mendengar Indonesia
Jikalau aku menghirup udara ini
Aku tidak lagi menghirup udara
Aku menghirup Indonesia
Jika aku melihat wajah anak-anak di
desa-desa
Dengan mata yang bersinar-sinar 
(berteriak) Merdeka! Merdeka! 
Pak Merdeka! 
Aku bukan lagi melihat mata manusia
Aku melihat Indonesia! 

puisi bung karno